Vrydag 29 Maart 2013

Melestarikan Batik Indonesia

Mendengar kata Batik pastinya yang terlintas di pikiran kita adalah Jawa, Baju Batik, Indonesia, Kain Batik, Pekalongan, Jogyakarta, Cirebon, Madura dan Coklat.Meskipun berbeda-beda kata yang terlintas pikiran kita tetap mengarah pada satu kata, “JAWA” dan benar adanya kalau Batik yang terkenal di Indonesia umumnya berasal dari daerah Jawa, daerah yang memiliki jumlah pengrajin yang banyak, pengrajin-pengrajin yang mempunyai keahlian dalam membuat coretan-coretan motif diatas kain mori.


Kain mori adalah kain yang biasa digunakan untuk membuat bakal Batik, warna dasarnya putih dan umumnya terbuat dari Katun, agar mudah diingat kain mori itu biasa kita gunakan untuk kain kafan. Artinya setiap hari Jum’at dan hari Sabtu kita selalu mengenakan kain kafan he. Sebagai hasil kerajinan budaya daerah sendiri sudah seharusnya kita ikut melestarikan Batik, karena kita sudah memiliki pengrajin-pengrajin yang ahli dalam bidang Batik lalu kenapa kita tidak ikut melestarikan dan menjaganya atau dengan kata lain menghargai jasa para pengrajin yang masih setia untuk tetap membuat batik.

Banyak cara yang bisa kita gunakan untuk melestarikan Batik, salah satu contohnya adalah mengenakan Batik pada hari-hari tertentu. Pada umumnya kantor-kantor baik itu swasta atau pemerintah menerapkan aturan kalau hari Jum’at wajib mengenakan Batik, ada juga yang menerapkan kalau hari kamis harus mengenakan Batik.
Kita tidak harus mengenakan Batik pada saat bekerja, Batik juga efektif dikenakan saat menghadiri acara resepsi pernikahan, acara ulang tahun hingga acara undangan makan malam. Lebih istimewa lagi Batik juga bisa dikenakan saat mengunjungi orang tua calon istri atau acara lamaran juga hehe, mana tau dengan mengenakan Batik kita jadi terlihat lebih gagah dan tampan sehingga meluluhkan hati orang tua dari wanita yang ingin kita lamarRAHASIA :) .
Sebagai bentuk dalam mendukung pelestarian batik salah satu usaha yang saya lakukan antara lain ikut mengenakan batik diberbagai acara serta selalu mengenakan batik setiap hari selasa dan hari kamis di sekolah saya.

Manfaat lain yang saya dapatkan adalah saya mulai mengetahui nama-nama batik favorit dari masing-masing daerah pengrajin batik salah satunya adalah Batik Madura yang terkenal dengan nama Serat Kayu.
Motif Serat Kayu - Madura
Motif Serat Kayu – Madura
Begitu juga dengan Batik Cirebon, nama batik yang terkenal di daerah kota udang itu dinamakan Batik Mega Mendung dengan gambaran pada motifnya seperti awan-awan yang sangat elegan tampilannya.
Batik Mega Mendung - Cirebon
Batik Mega Mendung – Cirebon
Hampir ketinggalan, mungkin beberapa sobat ada yang belum pernah lihat batik dengan motif seperti ini, pengrajin Surabaya yang saya kenal menyebutnya Batik 3 Dimensiberikut gambarnya :
Batik 3 Dimensi - Madura
Batik 3 Dimensi – Madura
Kalau Pekalongan terkenal dengan banyak motif dan beraneka ragam, salah satunya ini :
Batik Pekalongan
Sekar Jagad Modifikasi –  Pekalongan
Batik Pekalongan

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking

 

Blogger news

Blogroll

About